Uncategorized

Hingga Usia Berapakah Kejantanan Laki-laki Terus Bertumbuh?

Published

on

Seiring perkembangan dan pertumbuhan pria dari anak-anak, remaja, hingga dewasa, organ vital mereka juga mengalami pertumbuhan. Walau begitu, satu hal yang kerap menjadi pertanyaan bagi banyak pria adalah apakah penis mereka bakal terus bertumbuh atau ada batasan hingga usia berapa pertumbuhan ini terjadi.

Sejumlah anak laki-laki mengalami pertumbuhan kejantanan lebih awal dibanding teman mereka, sedangkan sebagian besar mengalaminya pada usia yang sama. Hal ini biasanya terjadi pada masa-masa pubertas mereka.

Pada saat ini, penelitian mengungkap bahwa banyak anak laki-laki mengalami pubertas lebih awal dibanding pada satu dekade lalu. Dilansir dari Healthgrades, pubertas pada laki-laki bisa mulai dari usia 9 atau 15 dan bertahan hingga 4 tahun.

Pubertas sejumlah anak laki-laki berakhir pada usia 13 tahun sedangkan yang lain bertahan hingga usia 19 tahun. Secara umum, pubertas ini biasa dialami mulai usia 9 hingga 16 tahun.

Advertisement

Pertumbuhan saat Pubertas

Pada saat pubertas ini, pria bakal jadi lebih tinggi, suaranya menjadi lebih berat, tumbuhnya bulu kemaluan, serta alat vital yang membesar. Perubahan alat vital ini biasanya terjadi pada testikel yang membesar.

Dalam setahun setelah testikel membesar, penis juga bakal memanjang. Tahap selanjutnya adalah lingkar atau ketebalan penis yang juga meningkat.

Bagi sebagian besar anak laki-laki, membesarnya penis secara luar biasa ini terjadi pada usia 11 hingga 15. Pada usia tersebut, secara rata-rata penis tumbuh 2,5 cm setiap tahunnya.

Pada sebagian besar remaja, berakhirnya pertumbuhan tubuh mereka juga sekaligus berakhirnya pertumbuhan penis. Hal ini biasanya terjadi pada akhir pubertas yaitu sekitar usia 16 tahun.

Seberapa besar pertumbuhan penis pria sangat tergantung dengan genetik. Pada beberapa kasus faktor lingkungan sekitar juga bisa berperan terhadap pertumbuhan penis ini.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Trending

Exit mobile version